Definisi Ilmu Ekonomi
Menurut prof.
P.A. Samuelson (1970), ilmu ekonomi adalah suatu studi mengenai individu dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa penggunaan uang, dengan menggunakan sumber- sumber daya yang terbatas, tetapi dapat digunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa dan mendistribusikannya untuk kebutuhan konsumsi, sekarang dan dimasa datang kepada berbagai individu dan golongan masyarakat.
Ekonomi mikro membahas masalah- masalah pokok sebagai berikut :
- Masalah interaksi di pasar barang, meliputi interaksi antara penjual, pembeli dan
keseimbangan pasar, serta aplikasinya.
- Masalah tingkah laku/ perilaku konsumen dan produsen
- Masalah struktur pasar.
Peranan ekonomi Mikro
•
Bagi Konsumen:
Konsumen dapat menetukan kepuasan maksimum dari mengkonsumsi barang dengan
kendala jumlah pendapatannya yang terbatas dan harga- harga barang yang sudah tertentu.
•Bagi Produsen :
Produsen dapat mengoptimalkan pendapatan serta keuntungannya dengan dasar
pengetahuannya tentang perilaku konsumen di pasar, teori produksi serta pengetahuan
tentang konsep biaya dan struktur pasar.
- Fungsi :
Permintaan akan suatu barang ( misal barang X) merupakan fungsi dari harganya (Px),
harga barang lain
(Py), pendapatan (M),
selera (T),
prediksi harga di masa yang
akan
datang
(PF), jumlah penduduk (Po)
dan
lain- lain. Bila kita notasikan menjadi :
Qdx = f
( Px, Py, M,
T, PF, Po)
- Persamaan :
Untuk fungsi permintaan persamaan yang
dapat kita buat :
Qdx = a – bPx
Dimana :
Qdx = jumlah komoditi yang diminta
a = konstanta yang menunjukkan besarnya
barang x yang diminta pada saat
Px = 0
b = intersep
Px =
harga barang x
Permintaan, Penawaran dan Keseimbangan
Pasar:
Teori permintaan menerangkan tentang sifat daripada permintaan pembeli terhadap sesuatu barang.
Teori penawaran menerangkan tentang sifat para penjual di dalam menawarkan sesuatu barang yang akan dijualnya.
Keseimbangan pasar terjadi pada saat demand berpotongan dengan supply, artinya pada
tingkat harga yang tertentu jumlah barang yang diminta = jumlah barang yang ditawarkan.
Faktor- faktor penentu permintaan :
- Harga barang yang bersangkutan
- Harga barang lain yang mempunyai kaitan dengan barang tersebut
- Pendapatan
- Corak distribusi pendapatan
- Citarasa
- Jumlah penduduk
- Prediksi harga di masa yang
akan datang.
Kurva permintaan adalah kurva yang menggambarkan
berbagai hubungan antara harga
barang dengan jumlah barang yang
di minta, dengan korelasi yang
negatif.
Gerakan sepanjang kurva permintaan terjadi apabila hanya harga barang yang
bersangkutan
yang mengalami perubahan ( hanya terjadi dalam satu kurva permintaan ).
Sedangkan apabila faktor-faktor lain diluar barang tersebut mengalami perubahan, maka
akan terjadi pergeseran kurva permintaan.
Faktor- faktor yang menentukan penawaran :
- Harga barang itu sendiri
- Harga barang lain
- Ongkos produksi
- Tujuan- tujuan dari perusahaan
- Tingkat teknologi yang
digunakan.
1. Kurva penawaran adalah kurva yang
menggambarkan
hubungan antara harga barang
dengan jumlah barang yang
ditawarkan, dengan korelasi positif.
2. Gerakan sepanjang kurva penawaran terjadi hanya dalam satu kurva penawaran,
disebabkan karena adanya perubahan dari harga barang yang
bersangkutan.
3. Pergeseran kurva penawaran terjadi apabila faktor- faktor lain
diluar harga barang yang
bersangkutan,
yang mempengaruhi
penawaran mengalami perubahan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar