Rabu, 18 Desember 2013

Pengantar Ilmu Ekonomi (PIE)-Mikro


Definisi Ilmu Ekonomi


  Menurut prof. P.A. Samuelson (1970), ilmu ekonomi adalah suatu studi mengenai individu dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa penggunaan uang, dengan menggunakan sumber- sumber daya yang terbatas, tetapi dapat digunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa dan mendistribusikannya untuk kebutuhan konsumsi, sekarang dan dimasa datang kepada berbagai individu dan golongan masyarakat.
Ekonomi mikro membahas masalah- masalah pokok sebagai berikut :

- Masalah interaksi di pasar barang, meliputi interaksi antara penjual, pembeli dan 
  keseimbangan pasar, serta aplikasinya.
- Masalah tingkah laku/ perilaku konsumen dan produsen
- Masalah struktur pasar.

Peranan ekonomi Mikro


Bagi Konsumen:

  Konsumen dapat menetukan kepuasan maksimum dari mengkonsumsi barang dengan
  kendala jumlah pendapatannya yang terbatas dan harga- harga barang yang sudah tertentu.


Bagi Produsen :

  Produsen dapat mengoptimalkan pendapatan serta keuntungannya dengan dasar
  pengetahuannya tentang perilaku konsumen di pasar, teori produksi serta pengetahuan
  tentang konsep biaya dan struktur pasar.
 

- Fungsi :
Permintaan akan suatu barang ( misal barang X) merupakan fungsi dari harganya (Px),
harga barang lain (Py), pendapatan (M), selera (T), prediksi harga di masa yang akan
datang (PF), jumlah penduduk (Po) dan lain- lain. Bila kita notasikan menjadi :
  Qdx = f ( Px, Py, M, T, PF, Po)


- Persamaan :

  Untuk fungsi permintaan persamaan yang dapat kita buat :

Qdx = a – bPx

Dimana :

Qdx = jumlah komoditi yang diminta

a   = konstanta yang menunjukkan besarnya barang x yang diminta pada     saat   
  Px = 0

b  = intersep

Px  = harga barang x

 
Permintaan, Penawaran dan Keseimbangan Pasar:


Teori permintaan menerangkan tentang sifat daripada permintaan pembeli terhadap sesuatu barang.
Teori penawaran menerangkan tentang sifat para penjual di dalam menawarkan sesuatu barang yang akan dijualnya.
Keseimbangan pasar terjadi pada saat demand berpotongan dengan supply, artinya pada
tingkat harga yang tertentu jumlah barang yang diminta = jumlah barang yang ditawarkan.

Faktor- faktor penentu permintaan :


- Harga barang yang bersangkutan

- Harga barang lain yang mempunyai kaitan dengan barang tersebut

- Pendapatan

- Corak distribusi pendapatan

- Citarasa

- Jumlah penduduk 
- Prediksi harga di masa yang akan datang.

Kurva permintaan adalah kurva yang menggambarkan berbagai hubungan antara harga
barang dengan jumlah barang yang di minta, dengan korelasi yang negatif.
Gerakan sepanjang kurva permintaan terjadi apabila hanya harga barang yang
bersangkutan yang mengalami perubahan ( hanya terjadi dalam satu kurva permintaan ). 
Sedangkan apabila faktor-faktor lain diluar barang tersebut mengalami perubahan, maka 
akan terjadi pergeseran kurva permintaan.

Faktor- faktor yang menentukan penawaran :
- Harga barang itu sendiri
- Harga barang lain 
- Ongkos produksi 
- Tujuan- tujuan dari perusahaan 
- Tingkat teknologi yang digunakan. 
1. Kurva penawaran adalah kurva yang menggambarkan hubungan antara harga barang 
dengan jumlah barang yang ditawarkan, dengan korelasi positif.
2. Gerakan sepanjang kurva penawaran terjadi hanya dalam satu kurva penawaran,
disebabkan karena adanya perubahan dari harga barang yang bersangkutan.
3. Pergeseran kurva penawaran terjadi apabila faktor- faktor lain diluar harga barang yang  
bersangkutan, yang mempengaruhi penawaran mengalami perubahan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar